Selasa, 29 Agustus 2017

Published 29 Agustus by with 5 comments

6 Pelajaran Hidup Yang Bisa Diambil Dari Film WHO AM I : No system Is Safe

sinopsis who am i
imgsrc: mediastorehouse.com
Sudah pernah nonton film yang satu ini belum? Film Who AM I yang diproduksi tahun 2013 kemarin adalah film yang bertema tentang kehidupan seorang anak muda bernama Benjamin Engel yang menguasai bidang teknologi dan bahasa program yang dikuasainya semenjak usia 13 tahun. Hal ini membuatnya menggeluti dunia bawah tanah(underground) atau dunia hacking dengan mengidolakan seorang hacker elite dengan nickname MRX.  Kehidupannya  berubah setelah bertemu  trio hacker yaitu Max, Paul, dan Stevan. 

Dengan tipe penguasaan masing-masing dibidangnya membuat mereka membentuk sebuah grup hacking bernama CLAY (clawn laughing at you). Kehidupan benjamin sebagai anakmuda yang cupu dan tidak dikenal didunia nyata pun berubah dengan terlibat dengan peretasan organisasi dan badan pemerintah seperti BND(badan intelejen jerman), hingga perusahaan farmasi untuk mendapatkan ritalin.

Film ini dikemas dengan sangat baik yang membuat penonton mengerti arah cerita dari hacking ditambah dengan ilustrasi-ilustrasi didunia underground yang membuat kita semakin  penasaran dengan kelanjutan cerita kehidupan hacker. Film ini juga film bertema hacking terbaik yang pernah saya tonton walaupun film dari negara jerman tapi dikemas dengan baik oleh SONY Production. Dibalik aksi “bahaya” yang dilakukan oleh benjamin dkk. 5 inspirasi dapat kamu temui agar lebih menghargai orang lain:

1. Fokus pada hal yang kamu sukai, dengan begitu passionmu yang tertanam akan bangkit kembali.


Benjamin adalah seorang yang menggeluti dunia teknologi dan fokus melakukannya hingga dia menjadi hacker tingkat dewa. Kamu juga bisa meniru hal tersebut, pastikan bidang apa yang kamu sukai dan fokuslah dengannya hingga hal yang sulit pun terasa mudah kamu jalani.

2. kehilangan membuatmu berjuang.

kehilangan

Banyak pepatah yang mengatakan bahwa kehilangan dapat merubah segalanya, kamu tidak akan menghargai apa  yang kamu punya sampai kamu kehilangannya. Benjami engel mengajarkan bahwa kehilangan itu bisa merubah seseorang untuk berani menghadapi dunia yang menganggapmu sampah, tidak berguna dan semacamnya. Dia kehilangan kedua orang tuanya dan tidak di anggap oleh kekasihnya. Adakah yang lebih sakitdari itu? Semua perjuangannya ternyata tidak pernah terbalaskan.

3. jangan menghina orang yang tampak lemah, kamu akan sadar suatu saat dia mengajarimu banyak hal.

jangan menghinaorang lain

orang-orang akan selalu menganggap rendah orang lain baik karena rupanya, sikapnya maupun pergaulan yang merupakan kekurangan yang sudah ditakdirkan untuknya.  Kadang orang yang kamu anggap rendah mempunyai keistimewaannya sendiri, mereka mungkin ditakdirkan untuk ahli dibidang yang lain. Benjamin engel memberi contoh bahwa seseorang yang tidak dianggap apa-apa didunia nyata, didunia maya  tenyata dia merupakan hacker elite dengan kemampuan diatas rata-rata yang sangat mahir dibidangnya.

4. seseorang yang lebih ahli biasanya lebih rendah diri, mereka tidak sombong dan merasa bangga terhadap diri.

yang ahli lebih rendah diri

Momen saat Max meminta maaf kepada benjamin setelah menyelingkuhi kekasihnya dan mengakui bahwa dia hanyalah script kiddie yang tidak bisa mengerti bahasa program merupakan momen yang sangat saya sukai. Benjamin dengan tegas mengatakan bahwa dia tau kalau max hanyalah amatir di dunia hacking tapi tidak pernah merendahkannya karena dia tau bahwa semakin tinggi ilmu seseorang maka semakin tinggi pula rasa rendah dirinya. Yang membuatnya menarik adalah max berpikir  bahwa telah salah menilai benjamin dan mengakui kesalahannya. Oleh karena itu, jangan menilai hanya karena orang tersebut tidak banyak bicara dan terlihat seolah seorang amatir, bisa jadi dia hanya menjadi pendengar yang baik untukmu dan menghormati penjelasanmu sekalipun dia sudah tau. Itulah orang hebat.

5. Jangan terlalu percaya terhadap teman-temanmu, kadangkala itu bisa jadi bumerang untukmu


Orang yang kamu kenal tidak semua nya bersikap baik padamu, kamu bahkan bisa saja dimanfaatkan kapanpun mereka mau. Kamu tentu selektif dalam berbagi rahasia dan tentang pribadimu tapi tetap saja mempercayakan hal-hal yang penting bagimu kepada orang lain kadang merupakan hal yang benar-benar salah. Salah satu pelajarannya di film tersebut adalah max yang merupakan orang yang sudah dipercaya benjamin sebagai tempat berbagi masalah hidup dan pribadinya, malah melakukan hal yang tak terduga. Max merebut orang yang disuka oleh benjamin. Hati siapa yang tidak hancur saat orang yang kamu anggap sahabat melakukan hal itu. Oleh karena itu, pelajari karakter teman yang akan kamu jadikan sahabatmu.

6. Jangan pernah lari dari masalah. saat kamu lari, banyak sisi lain yang akan terbuka dan harus diselesaikan pula.


Saat benjamin melakukan kesalahan hacking dan membocorkan data rahasia ke MRX dan permasalahan di grup CLAY yang semakin runyam. Stevan ingin lari dari masalah dan benjamin ingin menanggung semua dosanya itu. Tapi paul dan max ingin membantu dan menyelesaikan apa yang telah mereka mulai, akhirnya mereka kembali bersatu dengan satu tujuan untuk menghentikan semua masalah yang telah mereka perbuat.

Dalam hidup tentu akan ada yang lari dan meninggalkan semua masalah yang sedang membebani. Tapi jangan takut sendiri, banyak orang yang akan membantu dan menyelesaikan masalahmu.  jangan pernah menanggung semua hal sendiri , berbagilah masalah dengan sahabat dan orang yang kamu percayai. Mereka mempunyai otak yang berbeda dan begitupun kamu. Kamu mungkin berpikir jalan yang ini buntu, tapi mereka mempunyai jalan alternatif yang dapat menyelesaikan masalahmu.

untuk selengkapnya kamu dapat menonton filmnya dibawah ini :
semoga bermanfaat!!

5 komentar: